Selasa, 29 November 2016

Respon Paper Commons Knowledge by Stephanie

Respon Paper
Commons Knowledge
Stephanie Leonardi 14130038

Berkaitan dengan pembahasan mengenai Commons Knowledge yang merupakan genre yang membahas tentang pengetahuan umum yang dihubungan dengan era media baru. Seperti dalam sebuah kajian di Amerika mengatakan terdapat 5 hal mendasar (5C) yang mengubah kebiasaan manusia modern dalam bermedia yaitu Choice, Conversation, Curation, Creation dan Collaboration. Kolaborasi berkaitan dengan pola perilaku yang berkembang di era digital dalam hal penelusuran, berbagi, dan penciptaan informasi secara kolaboratif. Tujuan kolaborasi tidak semata-mata pemecahan masalah tetapi juga dalam pencarian informasi. Partisipasi dalam kolaborasi online berkaitan dengan peer group dan minat individual.

Commons Knowledge telah menjadi fitur penting lanskap kontemporer dari media sosial dan web 2.0, dan berkembang menjadi pesaing kuat sekaligus komplemen bagi bentuk pengetahuan yang lebih otoritatif dan institusional. Kajian tentang Wikipedia berkisar pada dua aspek yaitu :
-         Perkembangan Wikipedia yang luar biasa dan popularitasnya sebagai referensi dasar untuk retang topik yang sangat luas dalam berbagai bahasa.
-         Kekhawatiran yang terus berkembang tentang kualitas Wikipedia dalam hal kredibilitas, akurasi, validitas, dan bahkan nilai epistemi (diantara filsuf) .

Karakteristik Common Knowledge pertama disebut sebagai "Ambisi Aleksandria". Istilah berasal dari Library of Alexandria, Mesir (300 SM) yang merupakan koleksi terbesar dari naskah berbahasa Yunani dan tempat yang memuat semua pengetahuan yang tercatat dari peradaban kuno. Siapapun dapat berkontribusi untuk Wikipedia; Saat ini Wikipedia memiliki sekitar 12,4 juta kontributor terdaftar, meskipun tidak diketahui jumlah kontributor tidak secara resmi terdaftar. Pada pertengahan 2010 jumlah artikel mencapai lebih dari 15 juta artikel dalam 270 bahasa (update harian tersedia di wikipedia).

          Sistem klasifikasi formal / Taksonomi mengelompokkan objek pengetahuan dalam kategori tertentu. Kategori harus akurat dan menjadi representasi realita. Folksonomi sistem “pengorganisasian terbuka”, yaitu klasifikasi, yang dibuat oleh pengguna Informasi yang bersifat lokal, informal, praktis bahkan menyenangkan. Pendekatan folksonomik, membebaskan user untuk mengatur sendiri, bagaimana berkontribusi, mengedit, dan membuat link antara materi apa pun yang mereka pilih, dan untuk mengidentifikasi dan mengubah data melalui proses konsensus dengan intervensi minimal dari struktur.

          Pengetahuan umum dapat diperoleh dimana saja termasuk didalam era canggih sekarang ini yaitu era media baru via internet, langsung bisa menghubungkan keseluruh channel yang ada. Didalam media baru dalam memberikan efektivitas mengenai pengetahuan umum tentu tidak semua yang dipaparkan benar adanya, tergantung tingkat kepercayaan seseorang atau tingkat kredibilitas suatu situs atau pun website.

Seperti halnya Wikipedia ini. Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia. Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat. Banyak orang yang menggunakan Wikipedia ini untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah.

Membahas Wikipedia. Tentu kita masih ingat mengenai kasus pembunuhan Engeline, bocah perempuan yang dibunuh dengan sangat sadis di Bali belum lama ini. Kasus Pembunuhan Engeline ini pun menjadi sorotan umum, termasuk menjadi konten pengetahuan umum di Wikipedia. Pembunuhan Engeline Megawe merupakan peristiwa kekerasan terhadap anak perempuan berusia delapan tahun yang terjadi di Kota Denpasar, Bali pada tanggal 16 Mei 2015. Peristiwa ini menjadi populer dalam berbagai media di Indonesia diawali dengan pengumuman kehilangan anak tersebut (semula disebut Angeline) dari keluarga angkatnya melalui sebuah laman di facebook berjudul "Find Angeline-Bali's Missing Child".

Besarnya perhatian dari berbagai pihak membuat terungkapnya kenyataan bahwa Engeline selama ini tinggal di rumah yang tidak layak huni dan mendapat pengasuhan yang kurang baik dari orangtua angkatnya bahkan mendapatkan penyiksaan baik fisik maupun mental. Akibat sikap yang sangat tertutup dan tidak kooperatif dari ibu angkatnya, Margriet Christina Megawe (61 tahun), memunculkan dugaan bahwa Engeline hilang bukan karena diculik melainkan karena dibunuh. Bahkan sebelum jenazahnya ditemukan. Jasad Engeline kemudian ditemukan terkubur di halaman belakang rumahnya di Jalan Sedap Malam, Denpasar, Bali, pada hari Rabu tanggal 10 Juni 2015 dalam keadaan membusuk tertutup sampah di bawah pohon pisang setelah polisi mencium bau menyengat dan melihat ada gundukan tanah di sana. Selanjutnya polisi menyelidiki lebih mendalam dan menetapkan dua orang tersangka pembunuh, yaitu Agus Tay Hamba May, pembantu rumah tangga, dan Margriet Christina Megawe, ibu angkatnya.

Kasus ini sangat menarik perhatian masyarakat dan menjadi contoh pengetahuan umum dalam era media baru yaitu internet dalam situs atau pun website. Berita mengenai pembunuhan Engeline tersebut tentu banyak beredar. Dan Wikipedia memposting kasus tersebut menjadikan berita tersebut memiliki kredibilitas tinggi dan benar adanya informasi dalam konten tersebut.

Dikutip dari A Handbook for Students (https://integrity.mit.edu/handbook/citing-your-sources/what-common-knowledge) bahwa secara garis besar Common Knowledge mengacu pada informasi yang rata-rata orang telah mengetahuinya. Jika dikaitkan dengan kasus pembunuhan Engeline yang ada di konten Wikipedia. Tentu konten atau isi dari informasi tersebut bukanlah informasi yang rata-rata oleh telah mengetahuinya, melainkan bahwa hal tersebut merupakan informasi yang rata-rata orang tahu jika orang-orang tersebut suka menonton berita dan mengikuti berita yang ada, jika orang-orang yang memiliki keterbatasan jaringan dan alat tentu tidak akan tahu tentang informasi seperti kasus Engeline yang dimuat di Wikipedia tersebut.


Daftar Pustaka
SAP Mata Kuliah Media Baru dan Masyarakat, UBM, Jakarta

1 komentar:

  1. Goldfish at a Goldfish - Titanium Art
    ‎Goldfish‬ titanium joes - 사설토토 Goldfish‬ titanium pan - Goldfish. › goldfish › goldfish › goldfish Goldfish, the goldfish was an iconic titanium wedding ring fish species in the trekz titanium pairing Pacific Northwest of the Southwest. This iconic species of fish has been preserved in the

    BalasHapus